Mahasiswa BKI UIN Sunan Kalijaga, PPL di MTs Negeri 1 Bantul. - Indonesia News Update

Breaking

Breaking News

Home Top Ad

Berita Terupdate Tentang Indonesia

Kamis, 05 Oktober 2017

Mahasiswa BKI UIN Sunan Kalijaga, PPL di MTs Negeri 1 Bantul.

Foto arsip dari program studi BKI UIN SUKA

Program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menerjunkan mahasiswa-mahasiswinya dilapangan untuk mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disejumlah sekolah madrasah tsanawiyah, aliyah ataupun balai dan panti sosial serta rumah sakit.

Penerjunan dilakukan serempak pada 11 september yang lalu oleh masing-masing dosen pembimbing lapangan (DPL). Salah satunya kelompok praktik pengalaman lapangan yang diterjunkan di MTs Negeri 1 Bantul. Penyerahan mahasiswa-mahasiwi BKI ke sekolah tersebut diwakili oleh bapak Dr. Irsyad Dunnas selaku dosen pembimbing lapangan dan disambut langsung oleh kepala madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bantul saudari Rita Astuti, S.Pd diruang perpustakaan.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dengan adanya mahasiswa-mahasiswa dari BKI yang melakukan praktik pengalaman lapangan di madrasah yang baru saja berganti nama dari MTs Gondowulung menjadi MTs Negeri 1 Bantul. Selain itu program studi Bimbingan dan Konseling Islam dianggap unik dan layak diterapkan di madrasah tersebut. Karena sejauh ini guru BK yang dimiliki juga merupakan lulusan BK umum bukan BK berlatar belakang islami. Oleh sebab itu pihak sekolah berharap dengan hadirnya bimbingan konseling islam ini dapat memberikan warna baru yang senada dengan visi dan misi madrasah.

Meskipun program studi BKI dibawah naungan fakultas dakwah namun diharapkan memiliki kwalitas yang sama dengan mahasiswa dan mahasiwi yang berasal dari fakultas tarbiyah dan keguruan. Tandas Dr. Irsyad Dunnas. Mahaiswa dan mahasiwi ini akan mengikuti program PPL tersebut selama dua bulan kedepan dan diharapkan dapat memberikan pengalaman lapangan bagi mahasiswa.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti program PPL ini salah satunya ialah Anugrah Agung Setiawan yang juga merupakan ketua kelompok PPL dilokasi tersebut. "Kami sangat antusias sekali bisa mengikuti PPL karena bisa melakukan praktik langsung dan melihat dengan mata kepala sendiri kondisi dilapangan". (5/10/2017 ).

1 komentar: